Sistem Informasi Logistik Dan Distribusi atau SILOG KPU

Sistem Informasi Logistik Dan Distribusi atau SILOG KPU
Saat ini Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah membuat Sistem Informasi Logistik dan Distribusi KPU atau SILOG KPU. Sistem ini berfungsi untuk merencanakan dan mengontrol pengadaan, serta pengiriman logistik Pemilu di Indonesia, karena Pemilu yang diselenggarakan secara demokratis sejak tahun 1999, sangat kompleks dan rumit.

Sistem informasi logistik dan distribusi atau SILOG KPU ini dibuat dengan tujuan untuk membantu KPU dalam proses pengadaan dan distribusi logistik Pemilu. Proses logistik yang tercakup dalam SILOG KPU ini meliputi perencanaan, inventarisasi, distribusi, dan monitoring. Dengan adanya aplikasi yang berbasis web ini, diharapkan akan membantu KPU dalam melaksanakan Pemilu terkait dengan penyediaan logistiknya, agar berjalan lebih tertib secara administrasi dan optimal.

Mengingat semakin dekatnya proses Pemilu Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan pada tahun 2014, maka Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia sebagai Komisi yang berwenang untuk menjalankan dan menyelenggarakan proses Pemilu di Indonesia, berkewajiban untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk memperlancar proses tersebut. Dan salah satunya adalah pengadaan dan pendistribusian logistik keperluan Pemilu tersebut melalui Sistem Informasi Logistik dan Distribusi atau SILOG KPU.

Logistik dan distribusi ini memiliki peran sentral dan strategis sebagai salah satu aspek yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu tersebut, dimana proses-proses yang tercakup dalam logistik ini adalah proses perencanaan, proses pengadaan, proses pengawasan dan pendistribusian. Saat ini, semua proses yang ada di KPU masih dilakukan secara manual dengan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, sehingga sangat memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan, pengawasan dan pendistribusian barang yang diakibatkan oleh kesalahan manusia (human error) dalam proses manual tersebut.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, maka KPU perlu mengembangkan suatu aplikasi logistik yang terintegrasi. Yang dimaksud dengan aplikasi terintegrasi adalah mengintegrasikan atau menggabungkan semua proses yang berlaku di logistik ke dalam suatu aplikasi berbasis komputer. Dengan harapan semoga Sistem Informasi Logistik dan Distribusi atau SILOG KPU tersebut dapat memberikan kemudahan, kecepatan di setiap proses yang akan dilakukan, serta dengan keakuratan data yang tersedia.

Demikian ulasan singkat dari Modul Pemilu Online tentang Sistem Informasi Logisti dan Distribusi atau SILOG KPU untuk anda ketahui bersama.

No comments:

Post a Comment

 
Panduan Belajar Pemilu Secara Online Modul Pemilu Online
Temukan Kami Di Facebook Modul Pemilu Online